pemecatan
Orang yang Menganjurkan Orang Lain untuk Berbuat Baik, Tetapi Ia Sendiri tidak Melakukannya

َنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قِيلَ لَهُ أَلَا تَدْخُلُ عَلَى عُثْمَانَ فَتُكَلِّمَهُ فَقَالَ أَتَرَوْنَ أَنِّي لَا أُكَلِّمُهُ إِلَّا أُسْمِعُكُمْ وَاللَّهِ لَقَدْ كَلَّمْتُهُ فِيمَا بَيْنِي وَبَيْنَهُ مَا دُونَ أَنْ أَفْتَتِحَ أَمْرًا لَا أُحِبُّ أَنْ أَكُونَ أَوَّلَ مَنْ فَتَحَهُ وَلَا أَقُولُ لِأَحَدٍ يَكُونُ عَلَيَّ أَمِيرًا إِنَّهُ خَيْرُ النَّاسِ بَعْدَ مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يُؤْتَى بِالرَّجُلِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيُلْقَى فِي النَّارِ فَتَنْدَلِقُ أَقْتَابُ بَطْنِهِ فَيَدُورُ بِهَا كَمَا يَدُورُ الْحِمَارُ بِالرَّحَى فَيَجْتَمِعُ إِلَيْهِ أَهْلُ النَّارِ فَيَقُولُونَ يَا فُلَانُ مَا لَكَ أَلَمْ تَكُنْ تَأْمُرُ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَى عَنْ الْمُنْكَرِ فَيَقُولُ بَلَى قَدْ كُنْتُ آمُرُ بِالْمَعْرُوفِ وَلَا آتِيهِ وَأَنْهَى عَنْ الْمُنْكَرِ وَآتِيهِ
1243- Dari Usamah bin Zaid RA, dia berkata, "Seseorang bertanya kepadanya, 'Hai Usamah, mengapa kamu tidak datang menemui Utsman dan mengajaknya berbicara?' Usamah menjawab, "Apakah kamu menduga bahwasanya saya tidak mengajaknya berbicara dan berdialog melainkan kamu hanya mendengarkannya saja. Demi Allah, saya telah mengajaknya berdialog tanpa saya buka suatu permasalahan di mana sayalah yang akan menjadi orang yang pertama kali membukanya. Dan saya pun tidak akan mengatakan sesuatu kepada seseorang yang kelak akan menjadi pemimpin saya. Sesungguhnya ia itu orang yang baik setelah saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Pada hari kiamat kelak seseorang akan diiring ke neraka dan dicampakkan ke dalamnya. Setelah itu, usus-usus perutnya akan keluar terburai dan ia berputar-putar seperti keledai yang berputar-putar pada mesin penggiling gandum. Tak lama kemudian, para penduduk neraka berkumpul di sekelilingnya dan bertanya, "Hai fulan, mengapa kamu berada di sini? Bukankah kamu telah menganjurkan kami untuk berbuat ma'ruf dan mencegah kami dari perbuatan mungkar? " Lelaki itu menjawab, "Ya. Dulu saya memang orang yang sering menganjurkan orang untuk berbuat baik, tetapi saya sendiri tidak melaksanakannya. Saya melarang orang lain untuk
berbuat mungkar, tetapi saya sendiri malah melakukannya" {Muslim 8/224}


Comments

Popular posts from this blog