- SELAMAT MELAYARI BLOG INI SEMOGA KITA MEMPEROLEHI MANFAATNYA DAN HARAP DISEBARLUASKAN KEPADA PEMBACA YANG LAIN PULA BERSESUAIAN DENGAN SABDA RASULULLAH S.A.W "SAMPAIKAN DARIPADAKU WALAUPUN DENGAN SATU AYAT"

Monday, July 16, 2012






TIPS MENCEGAH SAKIT LEHER



Sakit leher adalah keluhan nombor dua di tempat kerja setelah sakit punggung. Hampir semua orang pernah mengalami sakit leher. Kabar baiknya adalah bahwa 70-80% sakit leher sembuh sendiri dalam beberapa jam atau hari. Untuk mencegah Anda terkena sakit leher lagi, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk dilakukan.
1. Hindari sedatif/obat tidur
Ketika Anda tidur nyenyak, tubuh Anda berubah terus-menerus untuk mencari posisi nyaman. Sedatif mengurangi kemampuan menyesuaikan diri ini, sehingga tubuh Anda tidak bergerak sebanyak yang seharusnya. Akibatnya, Anda mungkin berada di posisi yang menekan leher dalam waktu yang panjang sehingga terbangun dengan leher terasa nyeri.
2. Pilih posisi tidur yang tepat
Jangan tidur tengkurap pada perut anda. Tidur tengkurap dapat menyebabkan anda memutar leher selama berjam-jam sehingga meregangkan sendi-sendi kecil leher. Seiring waktu,  hal ini dapat mengakibatkan kerosakan kekal. Gunakan bantal yang menyokong kontur alami leher anda. Bantal yang sesuai untuk setiap orang boleh berbeza tergantung pada ukuran kepala, panjang leher dan posisi tidur. Idealnya, Anda tidur dengan posisi mengiring ke kanan dan menggunakan bantal yang sangat padan dengan akhir bahu dan awal leher.
3. Selangi kerja dengan istirahat
Jika anda bekerja sepanjang hari dengan komputer, berhentilah bekerja selama beberapa minit setiap dua jam. Menatap layar komputer sepanjang hari memberikan sejumlah besar tekanan pada leher anda. Gunakan masa istirahat untuk berjalan-jalan atau melakukan peregangan. Tindakan ini juga dapat meredakan ketegangan pikiran yang terbentuk di sepanjang hari.
4. Lakukan latihan peregangan
Anda dapat melakukan latihan sederhana untuk mengurangi ketegangan otot leher Anda. Duduklah tegak dan tundukkan kepala Anda ke depan sehingga dagu menyentuh dada Anda. Perlahan-lahan putar kepala ke kiri. Lihat sejauh yang anda boleh, seolah-olah anda sedang mencoba untuk melihat secara langsung di atas kepala anda. Kembalikan dagu Anda ke dada Anda, kemudian putar kepala ke kanan. Sekali lagi, lihatlah sejauh mungkin. Lakukan secara berulang tiga kali setiap Anda merasakan ketegangan di leher Anda.
5. Sesuaikan meja kerja
Meja Anda dapat menyebabkan rasa sakit di leher. Meja harus menyesuaikan dengan Anda dan bukan sebaliknya. Jika terlalu rendah, carilah cara untuk menaikkannya atau sesuaikan ketinggian kursi sehingga pekerjaan Anda lebih sejajar dengan mata. Jangan bersandar ke depan sepanjang hari. Jika Anda harus bersandar ke depan, topanglah dengan pinggul Anda, bukan dengan punggung atau leher.
6. Sesuaikan posisi menyetir
Bila Anda menghabiskan berjam-jam di jalan, Anda tidak boleh mengabaikan leher anda. Sesuaikan tempat duduk kereta sehingga Aada dapat melihat stering dengan selesa dan tidak perlu menyorongkan leher Anda ke depan untuk melihat jalan dengan jelas. Selain itu, anda perlu menyesuaikan sandaran kepala sehingga leher Anda tidak tersentak kedepan jika anda berhenti mendadak.
7. Selalu menjaga postur
Anda  harus selalu duduk dan berdiri dengan postur yang tepat, yaitu punggung rata, kepala tegak dan perut ke dalam. Menjaga postur tubuh sangat baik agar sendi leher dalam posisi di tengah sehingga mencegah terkilir.

SAKIT PINGGANG


Sakit pinggang (low back pain atau lumbago) adalah penyakit neurologis kedua paling umum setelah sakit kepala. Hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya. Untungnya, sebagian besar sakit pinggang sembuh hanya dalam beberapa hari.

Menurut lamanya, sakit pinggang terdiri dari dua jenis. Sakit pinggang akut atau jangka pendek umumnya berlangsung hanya beberapa hari sampai minggu. Sakit pinggang disebut kronis bila berlangsung lebih dari 3 bulan.

Sebagian besar sakit pinggang disebabkan oleh trauma punggung bawah atau gangguan seperti sciatica dan artritis. Trauma tersebut dapat disebabkan oleh cedera olahraga, bekerja di rumah atau di kebun, atau tersentak tiba-tiba seperti kemalangan atau tekanan pada tulang belakang lainnya. Penyebab lain yang paling umum adalah menggunakan otot-otot punggung anda dalam kegiatan yang tidak biasa anda lakukan, seperti mengangkat barang atau melakukan pekerjaan berat seperti mencangkul.

Gejala sakit pinggang berkisar pada sakit otot yang menusuk atau nyeri, kaku/keterbatasan rentang gerak, atau ketidakmampuan berdiri tegak. Kadang-kadang, rasa sakit yang dirasakan di pinggang dapat menjalar sampai ke tempat lain dari tubuh.

Tips untuk mencegah sakit pinggang

Selalu melakukan peregangan sebelum latihan olah raga atau kegiatan fisik lainnya yang berat.

Jangan membungkuk ketika berdiri atau duduk. Ketika berdiri, jaga titik berat badan Anda agar seimbang pada kaki Anda. Saat bekerja di rumah atau di kantor, pastikan permukaan pekerjaan Anda berada pada ketinggian yang nyaman untuk Anda. Duduklah di kursi dengan sandaran yang baik dan posisi dan ketinggian yang tepat untuk tugas tersebut.

Selingi duduk Anda dengan secara berkala berjalan-jalan atau melakukan peregangan otot ringan untuk mengurangi ketegangan. Jika Anda harus duduk untuk jangka waktu yang panjang, istirahatkan kaki Anda di bangku rendah atau tumpukan buku.

Pakailah kasut yang selesa dan bertumit rendah.

Tidurlah dengan mengiring untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda. Selalu tidur di permukaan yang cukup padat, jangan terlalu empuk.

Mintalah bantuan orang lain bila Anda mengangkat benda yang berat.

Jangan mengangkat dengan membungkuk. Angkat objek dengan menekuk lutut Anda dan berjongkok untuk mengambil objek. Jaga punggung lurus dan terus dekatkan objek ke tubuh Anda. Hindari memutar tubuh saat mengangkat. Lebih baik mendorong daripada menarik ketika Anda harus memindahkan benda berat.

Jaga nutrisi dan diet yang tepat untuk mengurangi dan mencegah berat badan berlebihan, terutama lemak di sekitar pinggang. Diet harian yang cukup kalsium, fosfor, dan vitamin D membantu menjaga pertumbuhan tulang baru.

Jika Anda merokok, berhentilah. Merokok mengurangi aliran darah ke tulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

Berolahragalah secara teratur. Gaya hidup aktif berkontribusi dalam mencegah nyeri pinggang.

Salah satu cara untuk melegakan sakit pinggang adalah dengan menggunakan urutan refleksologi kaki.
Di sini ummu  berikan secara ringkas macamana nak urut tapak kaki.Boleh  buat sendiri dirumah atau suruh anak-anak buatkan ,pakailah apa-apa pun asalkan bermata bulat seperti pen bermata bulat atau kayu bermata bulat.

Caranya ialah :

1.Urut dibahagian tulang pinggang,tulang belakang,kelenjar paratiriod,ginjal,salur kencing,pundi kencing kelenjar adrenal .perut besar,usus 12 jari ,pankreas dan kandung hempedu.

2. Urut di bahagian kelenjar adrenal,  ginjal, usus besar melintang, salur kencing, pundi kencing, rahim / kelenjar prostat, perut besar, usus 12 jari, pankreas,tulang belakang, tulang pinggang, kelejar getah bening perut,kelejar reproduksi, kelenjar bawah otak, paru-parudan brokus.

Bolehlah pakai salah satu cara atau keduanya sekali. Moga-moga sembuh insyaAllah.Lagi satu makan omega 3 .

walllahualam

No comments:

Post a Comment