9 Perkara yang wajib kita renungkan bersama


Ketika bangun tidur di waktu subuh, kemudian membasahi wajah kita dengan air wudhu yang segar. Setelah melaksanakan solat, kemudian berdo’a, mari cobalah untuk menghadap cermin di dinding. Mulailah untuk meneliti diri :

1. Lihatlah kepala kita! Apakah ia sudah kita tundukkan, rukukkan dan sujudkan dengan segenap kepasrahan seorang hamba fana tiada daya dan upaya di hadapan Allah Yang Maha Perkasa, atau ia tetap tengadah dengan segenap keangkuhan, kecongkakan dan kesombongan seorang manusia di dalam pikirannya?

2. Lihatlah mata kita! Apakah ia sudah kita gunakan untuk menatap keindahan dan keagungan ciptaan-ciptaan Allah Yang Maha Kuasa, atau kita gunakan untuk melihat segala pemandangan dan kemaksiatan yang dilarang?

3. Lihatlah telinga Kita! Apakah ia sudah kita gunakan untuk mendengarkan suara adzan, bacaan Al Qur’an, seruan kebaikan, atau kita gunakan buat mendengarkan suara-suara yang sia-sia tiada bermakna?

4. Lihatlah hidung Kita! Apakah sudah kita gunakan untuk mencium sajadah yang terhampar di tempat sholat, mencium istri, suami dan anak-anak tercinta serta mencium kepala anak-anak papa yang kehilangan cinta bunda dan ayahnya?

5. Lihatlah mulut kita! Apakah sudah kita gunakan untuk mengatakan kebenaran dan kebaikan, nasehat-nasehat bermanfaat serta kata-kata bermakna atau kita gunakan untuk mengatakan kata-kata tak berguna dan berbisa, mengeluarkan tahafaul lisan alias penyakit lisan seperti: bergibah, memfitnah, mengadu domba, berdusta bahkan menyakiti hati sesama?

6. Lihatlah tangan Kita! Apakah sudah kita gunakan buat bersedekah, membantu sesama yang kena musibah, mencipta karya-karya yang berguna atau kita gunakan untuk mencuri, korupsi, menzalimi orang lain serta merampas hak-hak serta harta-harta orang yang tak berdaya?

7. Lihatlah kaki Kita! Apakah sudah kita gunakan untuk melangkah ke tempat ibadah, ke tempat menuntut ilmu bermutu, ke tempat-tempat pengajian yang kian mendekatkan perasaan kepada Allah Yang Maha Penyayang atau kita gunakan untuk melangkah ke tempat maksiat dan kejahatan?

8. Lihatlah dada Kita! Apakah di dalamnya tersimpan perasaan yang lapang,sabar, tawakal dan keikhlasan serta perasaan selalu bersyukur kepada Allah Yang Maha Bijaksana, atau di dalamnya tertanam ladang jiwa yang tumbuh subur daun-daun takabur, biji-biji bakhil, benih iri hati dan dengki serta pepohonan berbuah riya?

9. Lihatlah diri kita! Apakah kita sering tadabur, Tafakur dan selalu bersyukur pada karunia yang kita terima dari Allah Yang Maha Perkasa?" src="http://sphotos-d.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/p480x480/382323_599888333384139_581776111_n.jpg

9 Meditations LifeWhen waking up at dawn, and then soaks us in the face with fresh water wudlu. After performing prayer, then pray, let's try to go before the mirror on the wall. Start researching yourself:
1. take a look at our head! If he has us 2, rukukkan and sujudkan with all our acceptance of a slave power and no mortal before God the mighty, or he is still tengadah with all the arrogance, his pride and vanity of a human being in his mind?
2. take a look at our eyes! If he had we used to stare at the beauty and Majesty of the inventions of the Almighty God, or we use to see all the sights and were banned?
3. take a look at our ears! If he had we used to listen to the adhaan, reading the Quran, call goodness, or we use for listening to voices that pointless no meaningful?
4. take a look at our noses! If we already use to kiss the mat lay in the Bhuj, kissing his wife, husband and children loved and kissed the head of the sons of papa who lost her father and mother's love?
5. take a look at our mouths! Do we have to tell the truth and kindness, advice-advice useful and meaningful words or we use to say words useless and poisonous, removed the tahafaul oral oral diseases such as: alias of bergibah, defamatory, pitting, lying even hurt each other?
6. take a look at our hands! Are we already use for giving charity, help a fellow who touches a disaster, creating works that are useful or we used to stealing, corruption, certainly wronged others and seized the rights and possessions of the helpless?
7. take a look at our feet! Are we already use for stepping into the place of worship, to the place of study quality, to his growing sense of being close to God Most Compassionate or do we use to go to the immoral and evil?
8. take a look at Our chests! What is stored inside the airy feeling, wait, tawwakul and sincerity as well as feelings always give thanks to the God of wisdom, or embedded in it fields the flourishing leaves arrogant, seeds of griping, the seeds of envy and envy as well as trees bear fruit riya?
9. look at us! Do we often tadabur, Tafakur and always give thanks on the gifts we receive from God the mighty?
(Translated by Bing)

Comments

Popular posts from this blog