KUNCI SURGA DAN NERAKA

http://luvislam92.blogspot.com/2010/02/la-ilaaha-illallaah-kunci-syurga.html

la ilaaha illallaah - Kunci Syurga


Telah tersebut dalam sebuah hadith bahawa sesiapa yang akhir ucapannya La ilaaha illallaah akan masuk syurga. Sebuah hadith yang lain pula menyatakan bahawa la ilaaha illallaah adalah kunci pembuka pintu syurga.     

Hakikatnya ucapan  la ilaaha illallaah itu hendaklah disertai dengan hati sanubari, sebagaimana yang dinyatakan oleh sebuah hadith, iaitu sesiapa yang mengucapkan  la ilaaha illallaah dengan tulus ikhlas nescaya masuk ke dalam syurga. Setiap orang yang mengertikan kalimat ini dengan tulus ikhlas,diharapkan apabila meninggal dunia akan berada dalam keadaan ikhlas juga.    

“Ahli isyarat” pula mengatakan, “Jika seseorang dengan tulus mengucapkannya, maka di saat itu pula dia masuk ke dalam syurga.”  Allah S.W.T. Berfirman Yang maksudnya :           

Dan bagi orang yang Takut saat menghadap Tuhannya Tersedia dua taman,(Al-Rahman 55:46).       

Itulah sebenarnya “syurga yang didahulukan, “ berupa kelazatan taat dan munajat, kemanisan iman; dan “Syurga  yang dikemudiankan, “ berupa tempat kediaman dan ketinggian darjat. Seorang sufi telah bertanya kepada rakannya, “ Mengapa engkau menucapkan Allah... Allah dan tidak  la ilaaha illallaah ?” Rakannya menjawab, “ Aku tidak mahu menafikan pada-Nya satu lawan .” Orang sufi itu berkata lagi, “Berilah penerangan selanjutnya.” Rakannya itu menjawab, “ Lidahku tidak terlintas untuk menyatakan kalimat pengingkaran !”.     
       
Diceritakan bahawa as-Syibli mengatakan kepada rakannya, “ Kami menghendaki yang lebih tinggi lagi daripada yang demikian ini. “Rakannya itu menjawab,  Katakanlah Allah sahaja, Kemudian biarkan mereka.... (Al-Am'am 6:91)       

Jawapan ini diucapkan diiringi teriakan ketika keluarnya roh. Keluarga Rakannya itu tidak mahu menerima kematian itu dengan begitu sahaja, sebaliknya menuntut as-Syibli berhadapan dengan khalifah agar “persoalan nyawa” Ini diselesaikan sebagaimana Mestinya. Khalifah pun memanggil as-Syibli dan memerintahkan kepada seorang hakim untuk menyoal. As-Syibli menjawab, “ Suatu Roh telah saling merindui dengan penuh berharap... lalu terpanggil.... dan panggilan itu diterima... maka apakah pula kesalahanku?” Mendengarkan demikian Khalifah berkata, “Lepaskan dia! Bebaskan dia! Tiada kesalahan padanya sedikitpun!”

http://navy102.wordpress.com/2011/02/10/sifat-sifat-penghuni-neraka/ 

Dosa - Kunci Neraka

by Pesan-pesan al-Quran & Hadith on Wednesday, November 17, 2010 at 6:38am
Ibnu Umar radhiallahu anhumma telah melaporkan bahawa Nabi saw pernah bersabda,”Wahai kaum wanita! Kamu(teristimewanya) bayarlah sedekah dan banyak bertaubat, kerana daku melihat kebanyakan penghuni neraka adalah wanita.”

Salah seorang daripada pendengar berkata, “Wahai Rasulullah! Apakah kesalahan kami yang kebanyakan daripada kami akan memasuki neraka?”
Nabi saw. menjawab,”Kami paling kerap mempunyai tabiat melaknat(semasa perbualan) dan kamu lebih tidak bersyukur kepada suami kamu. Daku tidak melihat seseorang yang kekurangan dalam ketakwaan dan hikmah seperti kamu tetapi menguasai seorang yang berhikmah.”

(Bukhari, Muslim, Tarjumanus Sunnah) Hazrat Ibnu Mas’ud telah memberitakan bahawa nabi bersabda,”seseorang wanita patut ditutupi kerana apabila dia keluar, syaitan akan memandangnya,”(Tirmizi) Begitu juga, maka perlulah wanita menjaga suara supaya tidak didengari oleh orang luar. Adalah juga penting, lelaki menghindari dari melafazkan puisi di khalayak wanita lain oleh kerana wanita bersifat lembut hatinya dan mudah cenderung kepada pengaruh buruk.
(uswah rasool e akram) Hazrat Hasan Basari ra. memberitahu bahawa dia telah mendengar Rasulullah saw bersabda,”Allah melaknati orang yang memandang kepada seseorang wanita asing dan juga seseorang yang dipandang itu.”

(mishkat) Hazrat Abu Musa ra. Telah meriwayatkan bahawa Rasulullah saw bersabda,”mata yang memandang kepada seseorang lelaki atau wanita asing dengan niat buruk adalah penzinaan dan seseorang wanita yang mewangikan dirinya dan kemudiannya lalu di hadapan khalayak lelaki adalah tiada bezanya.
(tirmizi, abu daud) Hazrat Ibnu Mulaika ra memberitahu bahawa apabila seseorang menyatakan kepada Hazrat Aisyah bahawa seorang wanita sedang memakai sandal(kasut lelaki) maka dia menjawab bahawa Rasulullah melaknati wanita yang bersifat kelakian (abu daud) Adalah sunnah bagi wanita mengucap salam dan selamat antara satu sama lain dan berjabat tangan. Ini patut digalakkan.(tabrani, baihaqi)

Nota: antara sesama wanita sahaja. Ibnu Abi Dunya dan Baihaqi telah memberitakan dari Ash Shabi bahawa nabi bersabda,”laknatlah kepada penyanyi-penyanyi perempuan dan kepada sesiapa yang mereka nyanyikan,”

 http://al-shia.org/html/id/quran/tafsir/al-waqiah/10.htm

SURAH AL WAQIAH

Ayat 91-96

فَسَلَامٌ لَّكَ مِنْ أَصْحَابِ الْيَمِينِ
91. Maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan.
Surah ini adalah tentang berbagai keadaan berbeda yang mungkin dialami manusia sesuai dengan tingkatan tauhidnya. Orang-orang yang didekatkan kepada Allah (al-muqarrabun) akan jauh dari selain diri-Nya dan, karena itu, dekat dengan-Nya.

Golongan kanan adalah orang-orang saleh, mereka yang bertindak secara cermat. Sebagian penafsir Alquran (mufassir) menggambarkan golongan kanan (ashhâb al-yamin) sebagai ashhâb al-mujâhadah, yakni orang-orang yang berjihad, orang-orang yang terus-menerus berjuang dan bersabar dalam menanggung penderitaan mereka. Akan ada kedamaian bagi mereka, meskipun mereka berada dalam cobaan dan kegelisahan. Kehidupan ini adalah gudang cobaan dan penderitaan. Akan tetapi, jika cobaan itu dijalani di atas jalan yang ditempuh oleh Nabi Muhammad saw., maka ia akan terasa ringan dan bisa ditanggung. Bila tidak demikian, seorang yang waras hanya bisa melompat dari jendela dan terang-terangan menyatakan bahwa eksistensi dirinya sama sekali tidak bisa dipahami. Kehidupan ini adalah tempat cobaan dan kesulitan di mana pembangkangan atas rahmat Allah dihapuskan. Manusia tidak punya pilihan kecuali harus berjihad.

وَأَمَّا إِن كَانَ مِنَ الْمُكَذِّبِينَ الضَّالِّينَ
92. Dan adapun jika ia termasuk dalam golongan orang-orang yang mendustakan lagi sesat.
فَنُزُلٌ مِّنْ حَمِيمٍ
93. Maka ia mendapat hidangan air yang mendidih.
وَتَصْلِيَةُ جَحِيمٍ
94. Dan dibakar di dalam neraka.
"Dan adapun jika ia termasuk dalam golongan orang-orang yang mendustakan lagi sesat" berarti: jika ia telah mengingkari satu-satunya Kebenaran, jika ia mendustakan tauhid. Orang seperti itu dihitung termasuk dalam golongan orang-orang yang mendustakan dan sesat (mukadzdzibîn adh-dhâllin). Pertama, ia berdusta, dengan mengingkari apa yang sebetulnya dipandang benar oleh hatinya. Jika manusia mengingkari rasa utang budinya kepada AUah, maka ia akan berada dalam kerugian.

"Maka ia mendapat hidangan air yang mendidih." Manusia bisa minum air panas mendidih di dunia ini dan di akhirat nanti. Ketika seseorang merasa sangat marah dan gelisah, maka segala upaya dan usaha untuk melenyapkan amarah itu akan ditolak dan hanya akan semakin menyulut emosinya saja. Hujan rahmat yang sejuk tidak disadarinya dan, karenanya itu, terasa panas bagaikan air mendidih. Api lahiriah dapat dicegah agar tidak semakin meluas dan diketahui batas-batasnya. Sementara itu, api batiniah seperti hasrat, nafsu, rasa takut, dan amarah tidaklah berbatas. Manusia sendiri adalah pohon yang memberi kayu bagi api. Keadaan puncak kaum mukadzdzibîn pun menjadi nuzulun min hamim. Rumah mereka adalah air yang mendidih, api neraka. Mereka tinggal dalam jahim, neraka yang memanggang.

إِنَّ هَذَا لَهُوَ حَقُّ الْيَقِينِ
95. Sesungguhnya (yang dituturkan) ini adalah suatu keyakinan yang benar.
فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ
96. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Tubanmu Yang Mahaagung.
"Sesungguhnya (yang dituturkan) ini adalah suatu keyakinan yang benar." Seseorang akan memasuki kehidupan akhirat dengan membawa segenap amalnya dalam kehidupan di dunia ini—dan amal-amal itu didasarkan pada niat. Manusia telah membuat kunci neraka atau kunci surga, dan mulai mengalami keadaan-keadaan itu di dunia ini berdasarkan niatnya. Tidak ada diskontinuitas atau keterputusan. Mereka yang telah membuat kunci neraka sebenarnya sudah mengalaminya sekarang. Kehidupan dunia ini berkesinambungan dengan kehidupan akhirat nanti.

Orang yang membuat kunci kebahagiaan, kunci menuju surga, sudah memasuki keadaan itu. Arsip yang sudah digenggamnya berupa ilmu dan amal digunakan untuk melembutkan sisi-sisi kasar dari dirinya, kepribadiannya, berikut segala macam keinginan atau hasratnya. Pada akhirnya, jika ia memang ingin menyirnakan semuanya itu, menjadi sebuah non-entitas, maka ia akan mengenal satu-satunya Wujud hakiki. Semakin ia menegaskan identitasnya, semakin ia kurang mampu melihat Wujud hakiki itu.

Nabi Muhammad saw. bersabda, "Tidak ada dua hati di dalam dada manusia." Jika niat dan maksud seseorang adalah mengenal, maka ia akan mengenal Allah. Dan begitu Anda sudah mengenal Allah, tidak ada masalah lagi dengan yang lainnya. Jika niat Anda hanyalah menjadi kaya, maka Anda akan mendapatkannya dengan segala kesulitan yang ada di dalamnya. Jika Anda menginginkan rumah dan anak-anak, maka Anda juga akan mendapatkannya dengan segala kekecewaan yang ada. Anda tidak dapat memperoleh sesuatu tanpa juga mendapatkan keba-likannya. Inilah keseimbangan. Alquran menyebutnya al-mîzân(chaos), melainkan keteraturan (cosmos)—dalam keseimbangan sempurna. (keseimbangan), dan hukum-hukum yang mengatur kehidupan ini pun berada dalam keadaan seimbang. Kehidupan ini bukanlah kekacauan 

Amirul Mukminin, 'Ali bin Abi Thalib a.s., pernah mengatakan bahwa hal pertama yang dilihat oleh manusia yang beriman dan pasrah adalah pandangan sekilas tentang Tuhan Yang Mahabenar, yang selama ini ia ingin beroleh keyakinan tentangnya. Keyakinan itu muncul dengan cara mempertanyakan, mempelajari, memahami, dan bergerak di sepanjang jalan, dengan menghayati Alquran. Tahap pertama keyakinan itu adalah seperti diberitahu bahwa ada kebakaran di hutan dan Anda mempercayai kebenaran informasi sang pembawa berita. Ini disebut 'ilm al-yaqîn, pengetahuan yang yakin. Tahap kedua adalah benar-benar melihatnya, menyaksikan kebenaran berita itu. Inilah 'ayn al-yaqîn, inti atau sumber keyakinan. Tahap ketiga adalah haqq al-yaqin,baqq al-haqq, kebenaran yang sebenar-benarnya, yakni ketika seseorang terbakar oleh api itu dan tidak ada sedikit pun yang tersisa. kebenaran keyakinan, yakni benar-benar merasakan panasnya api yang membakar itu. Orang bisa merasakan panasnya api dengan berada di dekatnya atau karena terbakar oleh api itu. Sama sekali tidak ada keraguan tentang hal itu. Tahap keempat adalah
Lâ huwa illâ hû: Tidak ada sesuatu pun selain Dia. Inilah segel terakhir Kebenaran. Orang terbakar di dalamnya. Setelah segel itu telah terukir, tidak ada seorang pun bisa mengambilnya dari Anda, karena Anda telah membayar utang anda.

Setelah menerima risalah, yang bisa dilakukan seorang mukmin adalah mengagungkan—dengan izin-Nya, dengan masuk melalui pintu itu, dengan nama Allah—kesadaran tertinggi yang meliputi segala sesuatu, kesadaran tentang kehadiran Allah, Tuhan Yang Mahaagung, Mahatinggi, dan Mahaperkasa. Menyebut nama-Nya berarti bahwa seseorang mengabaikan nama-nama lain, label-label lainnya. Seorang mukmin percaya bahwa ia akan memasuki keadaan itu, menuju rumah Allah, menyeru Allah, mengarungi padang kebingungan, menyeru dan menyeru, hingga ia terbangun dan sadar. Lalu, ia menyadari bahwa ia sudah berada di dalam rumah Allah, tetapi ia tidak mengetahui lantaran tertutup oleh imajinasinya sendiri.[]

 Sifat-sifat Penghuni Neraka
Dalam surat Qaf, Allah Subhanahu wa Ta’ala menerangkan beberapa sifat penghuni neraka. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
وَقَالَ قَرِينُهُ هَذَا مَا لَدَيَّ عَتِيدٌ. أَلْقِيَا فِي جَهَنَّمَ كُلَّ كَفَّارٍ عَنِيدٍ. مَنَّاعٍ لِلْخَيْرِ مُعْتَدٍ مُرِيبٍ. الَّذِي جَعَلَ مَعَ اللهِ إِلَهًا ءَاخَرَ فَأَلْقِيَاهُ فِي الْعَذَابِ الشَّدِيدِ

Dan yang menyertai dia berkata: “Inilah yang tersedia pada sisiku telah siap.” Allah berfirman: “Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala, yang sangat menghalangi kebajikan, melanggar batas lagi ragu-ragu, yang menyembah sesembahan yang lain beserta Allah, maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat.” (Qaf: 23-26)
Dalam ayat-ayat tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala menerangkan bahwa qarin yang menyertai manusia, yakni malaikat yang ditugasi untuk mencacat amal bani Adam, mengatakan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Inilah yang tersedia pada sisiku telah siap.” Yakni orang tersebut dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala oleh malaikat beserta catatan amalnya yang lengkap, tanpa ditambah dan dikurangi, serta siap untuk diberi balasan. Allah Subhanahu wa Ta’ala pun memerintahkan kepada kedua malaikat-Nya yaitu malaikat yang sebagai saksi dan malaikat yang menggiringnya ke hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala, yang sangat menghalangi kebajikan, melanggar batas lagi ragu-ragu, yang menyembah sembahan yang lain beserta Allah maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat.”

Dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala tersebut terdapat enam sifat orang yang bakal dilemparkan ke dalam Jahannam.

1. Orang yang sangat ingkar: yakni mereka yang sangat kafir, di mana berbagai macam kekafiran mereka lakukan baik berupa perbuatan maupun ucapan. Atau mereka yang kekafiran itu telah menguat dalam qalbunya.

2. Keras kepala: yakni membangkang terhadap kebenaran, menghadapinya dengan kebatilan sementara ia tahu kebenaran itu. Kalaupun kebenaran itu ditawarkan kepadanya, dia tidak mau menerimanya walaupun kebenaran itu begitu jelas. Akibatnya, ia akan banyak berbuat maksiat, berani menerjang larangan-larangan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

3. Sangat menghalangi kebajikan: kebajikan di sini berarti segala macam kebajikan. Seolah-olah dia mencari-cari segala macam kebajikan untuk dia halangi sehingga dia menghalangi segala macam amal baik, dan yang terbesar adalah iman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan para rasul-Nya, serta menghalanridhai Allah Subhanahu wa Ta’ala.

4. Melanggar batas: yakni melanggar batas-batgi seseorang untuk berdakwah kepadanya. Ia juga tidak menunaikan apa yang menjadi kewajibannya, tidak mau berbuat baik, bersilaturahmi, dan bershadaqah. Ia menghalangi dirinya sendiri untuk berjuang dengan harta dan badannya dalam perkara yang dias hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dan melanggar hak-hak makhluk, sehingga ia berbuat jahat kepada mereka. Yakni, bukan saja dia menghalangi seseorang untuk berbuat kebajikan, namun ia juga berbuat jahat kepadanya. Ini semacam perlakuan orang Quraisy terhadap Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka melarang beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuat baik sekaligus mereka berbuat jahat kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana ia juga melampaui batas dalam membelanjakan hartanya. Qatadah rahimahullahu menafsirkan: “Yakni melampaui batas dalam bicara, jalan dan segala urusannya.”

5. Lagi ragu-ragu: yakni tertanam dalam dirinya keraguan dan kebimbangan. Demikian juga, ia membuat keraguan pada diri orang lain, baik keraguan dalam hal janji Allah Subhanahu wa Ta’ala ataupun ancaman-Nya, sehingga tiada iman dan kebaikan dalam dirinya.
6. Yang menyembah sesembahan yang lain beserta Allah Subhanahu wa Ta’ala: mencakup semua orang yang menghambakan diri dan menghinakan diri kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Untuk orang-orang yang memiliki sifat-sifat tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala katakan:

فَأَلْقِيَاهُ فِي الْعَذَابِ الشَّدِيدِ
“Maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat.”
Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:يَخْرُجُ عُنُقٌ مِنَ النَّارِ يَتَكَلَّمُ يَقُوْلُ: وُكِلْتُ الْيَوْمَ بِثَلَاثَةٍ؛ بِكُلِّ جَبَّارٍ عَنِيْدٍ، وَمَنْ جَعَلَ مَعَ اللهِ إِلَهًا آخَرَ، وَمَنْ قَتَلَ نَفْساً بِغَيْرِ نَفْسٍ فَتَنْطَوِي عَلَيْهِمْ فَتَقْذِفُهُمْ فِيْ غَمَرَاتِ جَهَنَّمِ

Sebuah leher keluar dari neraka, ia bisa berbicara. Ia pun mengatakan: “Pada hari ini aku dipasrahi (menyiksa) tiga golongan manusia: setiap orang yang sombong lagi membangkang, orang yang menjadikan sesembahan selain Allah Subhanahu wa Ta’ala bersama-Nya, dan setiap orang yang membunuh sebuah jiwa bukan karena qishash.” Sehingga leher tersebut melilit mereka dan melemparkan mereka ke dalam dahsyatnya azab jahannam. (HR. Ahmad)

 http://peribadirasulullah.wordpress.com/2010/05/18/gambar-bagaikan-syurga-dan-neraka/

Gambar Bagaikan Syurga Dan Neraka

بسم الله الرحمن الرحيم
 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
 اخواتي في الله....أسأل الله ان يكون موضوعي هذا
 يعود عليك بمنفعة وتوبة والرجوع إلى الله بقلب طاهر وسليم
 اختي في الله... يامن تسمعين للأغاني...وتشاهدين الأفلام.....وتلبسين العباءة المخصرة....
 يامن نمصت حواجبك لتظهري جميلة
 وتتبرجين بالأسواق.....يامن أسرفتي على نفسك بالمعاصي والذنوب..!!!
 يامن ألهتك الدنيا بزينتها
 يامن نسيتي انك ستموتين وستسألين في قبرك
 ولن ينفعك لا مال ولا بنون ولا أهل ولا زوج
 أما آن لك أن تحاسبي نفسك قبل أن تحاسبي عليها......!!!!!!
 يا أيها الإنسان ماغرّك بربك الكريم....؟!!!!
 مالذي خدعك حتى عصيت ربك...؟!!!
 مالذي أغواك ‘عن طاعة ربك...؟!!!
 أعلم أن عذاب ربك عنيف لايطاق.....وأن أخذهـ شديد لايقاوم....!!!
 7
أنظري اختاهـ إلى هذهـ النار الموقدهـ....هل تستطيعين بربك أن تتحملي عذابها...!!!؟





 {وأمّا من خفت موازينه فأمه هاويه}
 أي خفّ ميزانه من الحسنات وطاشت كفّته لقلة خيراته..فحظه عاثر ومأواهـ جهنّم لما أدركه
 من البوار بسبب عصيانه للماك الجبار.
 فاتقوا الله ياعباد الله فهذه نار الدنيا فما بالكم بنار الآخرة.....؟!
 وقانا الله وإياكم منها
 اللهم اجرنا وإياكم من نار جهنّم
 وإليك اختي الصور الثانيه بما فيها من نعيم
 { إن للمتّقين مفازا}
 إن للمتقين عند ربهم بالعمل بما أمر واجتناب مانهى عنه فلاحا في الآخرة ونجاة من النار وفوزا بالجنّة.
 7
هذهـ صور لنعيم الدنيا ..فما بالك بنعيم الاخرة…فيها ما لاعين رأت ولا أذن سمعت… ولا خطر على قلب بشر




اللهم أرزقنــــــا الفردوس الأعلى
 توبي إلى الله واسأليه رحمته وعفوه
 واجعلي شعارك في حياتك
 "وعجلت إليك ربي لترضى"
 لتفوزي بخيري الدنيا والآخرة
 وقولي في نفسك
 "قل إني أخاف إن عصيت ربي عذاب يوم عظيم "
 وابتعدي عن كل ما يغضب الرحمن
 ولا تغرك كثرة الهالكين وقلة السالكين
 أسأل الله الحي القيّوم ان ينفعني بهذا الموضوع وأن ينفع به من طالعه أو قرأه أو عمل به
 وأن يجعله سببا لي ولكم في نيل رضوانه والفوز بسكنى جنانه إنه سميع مجيب.
 وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.

 

Comments

Popular posts from this blog