- SELAMAT MELAYARI BLOG INI SEMOGA KITA MEMPEROLEHI MANFAATNYA DAN HARAP DISEBARLUASKAN KEPADA PEMBACA YANG LAIN PULA BERSESUAIAN DENGAN SABDA RASULULLAH S.A.W "SAMPAIKAN DARIPADAKU WALAUPUN DENGAN SATU AYAT"

Wednesday, August 15, 2012







RIWAYAT ALAMIAH PENYAKIT



Riwayat alamiah penyakit adalah perkembangan penyakit itu tanpa campur tangan medis atau bentuk Intervensi lainnya sehingga suatu penyakit berlangsung secara natural. Pengetahuan tentang riwayat alamiah penyakit merupakan langkah awal yg perlu dilakukan untuk mengetahui aspek-aspek lain yg berkaitan dengan penyakit. Manfaat mengetahui riwayat alamiah penyakit yaitu untuk : 
 
1.   Untuk kepentingan diagnostic
2.   Untuk pencegahan, dan
3.   Untuk terapi
 
             Riwayat alamiah suatu penyakit pada umumnya melalui beberapa tahap yaitu :
 
1.      Tahap prepatogenesis
Pada tahap ini  individu berada dalam keadaan normal/ sehat. Walaupun demikian pada tahap ini sebenarnya telah terjadi interaksi antara pejamu dan bibit penyakit. Tetapi interaksi ini masih terjadi masih diluar tubuh. Dalam arti bibit penyakit masih ada diluar tubuh pejamu. Belum ada tanda-tanda sakit sampai sejauh mana daya tahan tubuh pejamu masih kuat. Namun, jika pejamunya “lengah” atau bibit penyakit menjadi ganas, atau lingkungan memberikan kondisi yg kurang menguntungkan pejamu, maka keadaan dapat segera berubah memasuki tahap berikutnya yaitu tahap pathogenesis
 
2.      Tahap pathogenesis
 
Ada 4 subtahap dalam tahap ini,yaitu :
a.       Masa inkubasi, yaitu masuknya bibit penyakit kedalam tubuh yang peka terhadap penyakit, sampai timbul gejala penyakit lainnya, masa inkubasi ini bervariasi antara satu penyakit dengan penyakit lainnya.
b.      Tahap penyakit dini, pada tahap ini dimulai dengan munculnya gejala penyakit yg kelihatan ringan. Tahap ini sudah mulai menjadi masalah kesehatan
c.       Tahap penyakit lanjut,merupakan tahap dimana penyakit bertambah parah dengan segala kelainan patologis dan gejalanya. Pada tahap ini penyakit memerlukan pengobatan yg tepat.
d.      Tahap penyakit akhir, yaitu masa berakhirnya penyakit dengan berbagai macam keadaan yaitu :
-          Sembuh sempurna
-          Sembuh dengan cacat
-          Karier (sudah sembuh tetapi masih terdapat bibit dalam tubuh)

UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT
 
    Salah satu kegunaan riwayat alamiah penyakit adalah untuk melakukan upaya pencegahan, dikenal ada empat tingkat pencegahan. Dikenal ada empat tingkat pencegahan penyakit. 
prepatogenesis
Underliying condition
Primordial prevention (pencegahan tingkat awal)misalnya pengendalian rokok
Health promotion
Specific protection
Primary prevention (pencegahan pertama)
Misalnya melakukan pendidikan kesehatan, imunisasi, kontrol lingkungan/sanitasi
patogenesis
Early diagnosis and promp treatment
Secondary prevention(pencegahan kedua)berupa screening, pemberian pengobatan sejak dini
Disability limitation
Rehabilitation
Tertiary prevention(pencegahan tingkat ketiga/pasca-sakit) misalnya rehabilitasi

No comments:

Post a Comment